Ada 15 Planet Berpotensi Dihuni

adminDiposting oleh Bayu Phantomhive dateMinggu, 24 Maret 2013

Ada 15 Planet Berpotensi Dihuni

Tim astronomi amatir telah menemukan bukti 42 planet asing. Penemuan itu termasuk sebuah planet seukuran Jupiter yang berpotensi layak huni. Mereka memilah-milah data dari pesawat ruang angkasa NASA.

Sebanyak 40 relawan dalam laman Planet Hunters menemukan calon planet baru yang meliputi 15 planet berpotensi dihuni. Mereka juga menemukan planet PH2 b, sebuah planet berukuran Jupiter yang berada di zona habitasi bintang induknya.

Ini adalah kedua kalinya bagi Planet Hunters mengkonfirmasi penemuan planet baru. Terlebih lagi beberapa kandidat planet ditemukan dalam zona layak huni bintang induknya. Kandidat planet ini tinggal menunggu konfirmasi para astronom profesional.

Planet PH2 b ditemukan dengan menggunakan data dari teleskop ruang angkasa NASA Kepler dan dikonfirmasi 99,9 persen kepercayaan oleh pengamatan di WM Keck Observatory di Hawaii.

Planet ini dianggap terlalu besar untuk menjadi tuan rumah hidup. Para astronom mengatakan bahwa tiap-tiap bulan yang mengorbit planet ini bisa menjadi kandidat kuat. Suhu atmosfer di planet ini akan berkisar antara 30 dan -88 derajat celcius di zona layak huni. "Tiap bulan yang mengelilingi planet ini mungkin dihuni," ujar Ji Wang, peneliti postdoctoral di Universitas Yale.

Jika secara teoritis bulan menjadi tuan rumah hidup, kemungkinan akan memiliki inti berbatu. Ditambah suasana rumah kaca semacam itu bisa saja memiliki air cair di permukaannya.

Relawan melihat PH2 b dengan mencermati bintang induknya. Sebagai planet, ia lewat di depan bintang. Saat itulah kecerlangan bintang ini dari bumi terlihat redup. Ini adalah salah satu dari dua teknik yang biasa digunakan untuk menemukan exoplanet. Untuk mempelajari cara bagaimana Planet Hunters bekerja, Anda bisa mengunjungi laman http://www.planethunters.org/

Related Posts:

Jika sobat merasa artikel Ada 15 Planet Berpotensi Dihuni ini bermanfaat, silahkan Copas artikel ini, tetapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya seperti ini : Source:http://bayu-jp.blogspot.com/2013/03/ada-15-planet-berpotensi-dihuni.html.Saya lebih berterimakasih lagi jika sobat mau mencantumkan link hidup seperti ini : Source: http://bayu-jp.blogspot.com/2013/03/ada-15-planet-berpotensi-dihuni.html.Mohon dimengerti agar maraknya copas tanpa link sumber mereda, terima kasih.

0 komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar