Ditemukan Mineral di Mars, Bukti Ada Kehidupan

adminDiposting oleh Bayu Phantomhive dateMinggu, 24 Maret 2013

Ditemukan Mineral di Mars, Bukti Ada Kehidupan  

Permukaan planet Mars. Nationalgeographic.com


Para ilmuwan percaya penemuan mineral di bawah permukaan planet Mars adalah bukti terkuat yang mungkin mendukung kehidupan. Sebuah studi baru yang dipimpin oleh Museum Natural History dan Universitas Aberdeen menemukan bahwa semua bahan untuk kehidupan yang hadir tepat di bawah permukaan planet ternyata memiliki banyak sejarah.

Melihat data dari NASA Mars Reconnaissance Orbiter dan ESA Mars Express spacecrafts, mereka menganalisis batu dan menemukan bahwa batu tersebut mengandung tanah liat dan mineral yang telah diubah oleh air.

Separuh kehidupan di Bumi terdiri dari mikroorganisme sederhana yang hidup di bawah permukaan. Para ilmuwan menyarankan bahwa hal yang sama kemungkinan juga terjadi di planet merah itu.

"Semua bahan kehidupan ada, tetapi organisme sel tunggal kecil harus bisa bertahan hidup dalam kondisi itu," ujar Dr Joseph Michalski, penulis utama dan ahli geologi planet di Museum Natural History. Beberapa kawah yang dalam di planet Mars juga bertindak sebagai cekungan air tanah. Cekungan ini kemungkinan muncul menghasilkan danau yang mengandung tanah liat dan mineral karbonat.

Cairan yang membentuk mineral ini bisa memberi tahu para ilmuwan mengenai apakah ada kehidupan di bawah permukaan. "Kami tidak tahu bagaimana kehidupan di Bumi terbentuk. Tetapi dapat dibayangkan bahwa itu berasal dari bawah tanah yang dilindungi oleh permukaan keras pada saat awal terbentuknya Bumi," kata Dr Michalski. Detail studi ini diterbitkan dalam jurnal Nature Geoscience.

Apakah catatan geologi Mars menunjukkan pernah ada kehidupan atau tidak, analisis terhadap jenis batuan akan memberi informasi banyak tentang proses kimia pada awal tata surya. Penyelidikan NASA Mars, Curiosity rover akan memulai pengeboran di permukaan planet dalam beberapa hari ke depan untuk mengambil sampel batuan.

Related Posts:

Jika sobat merasa artikel Ditemukan Mineral di Mars, Bukti Ada Kehidupan ini bermanfaat, silahkan Copas artikel ini, tetapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya seperti ini : Source:http://bayu-jp.blogspot.com/2013/03/ditemukan-mineral-di-mars-bukti-ada.html.Saya lebih berterimakasih lagi jika sobat mau mencantumkan link hidup seperti ini : Source: http://bayu-jp.blogspot.com/2013/03/ditemukan-mineral-di-mars-bukti-ada.html.Mohon dimengerti agar maraknya copas tanpa link sumber mereda, terima kasih.

0 komentar

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))
Posting Komentar